B. Indonesia Sekolah Menengah Pertama analisis surat kecil untuk Tuhan​

analisis surat kecil untuk Tuhan​

Jawaban:

Analisis Novel “Surat Kecil untuk Tuhan”

Nama Pengarang       :  Agnes Devanor

Penerbit                     : Inandra Published, Jakarta

Tebal                           : 232 Halaman

Tahun Terbit              : 2008

Kategori                      : True Story (non fiksi)

1.  Unsur intrinsik novel Surat Kecil untuk Tuhan

 A.   Tema  :

         Perjuangan seorang Remaja melawan penyakit kanker Ganas (Rabdomiosarcoma) ,tetapi  memiliki semangat untuk Hidup.

 B.   Alur      :

        Maju, penceritaan berdasarkan urutan waktu yang berjalan maju.

Tahapan alur :

a.      Pengenalan

Keke adalah seorang anak yang cantik dan pandai, ia suka bermain volley. Ia juga memiliki banyak kawan dan tentunya memiliki keluarga yang bahagia walaupun ayah dan ibunya telah berpisah, namun ia selalu bahagia dengan apa yang ia miliki.

b.      Pemunculan Konflik

Kak Kiki kakaknya Keke menderita sakit mata, memang pada saat itu sakit mata sedang banyak menyerang siswa disekolah Keke. Dan pada saat itu juga ternyata Keke tertular penyakit mata itu, sehingga mata Keke membengkak. Awalnya memang bengkak biasa, namun lama kelamaan bengkak itu makin membesar sampai wajah Kekepun ikut membesar. Dan dokterpun memvonis bahwa Keke mengidap penyakit kanker jaringan lunak yang amat ganas.

c.       Klimaks

Lama-lama kanker itu mulai melemahkan Keke, tapi ayah Keke terus berusaha untuk menyembuhkan Keke. Setelah melakukan pengobatan alternatif kesana kemari, keadaan Keke tak kunjung membaik. Hingga akhirnya Keke bertemu dengan seorang profesor yang hebat. Kemudian Keke melakukan pengobatan kemoterapi. Kemoterapi ini berhasil, walaupun Keke harus meraskan dingin dan rambutnya yang berguguran.

d.      Penurunan Konflik

Kanker tersebut sempat hilang, namun kanker itu datang kembali dan semakin menyebar. Namun ayah Keke terus berusaha. Disisi lain Keke terus berusaha untuk membahagiakn orang disekitarnya. Ia pun mulai menyadari bahwa hidupnya takkan lama lagi. Ia makin rajin belajar karna ia ingin tetap belajar pada detik-detik terakhir dihidupnya.

e.       Penyelesaian

Setelah berusaha sedemikian kerasnya dengan tak ada hasil, maka ayah Keke mulai merelakan Keke jika Keke harus pergi meninggalkannya. Saat Keke dirawat di rumah sakit, Keke sempat koma untuk beberapa lama, dan sempatterbangun dari komanya. Namun setelah itu ia kembali tertidur dengan tenang untuk selamanya. Ayah dan keluarga yang lain telah merelakan kepergian Keke. Dan pada saat Keke memejamkan mata, seluruh ruangan rumah sakit tempat dimana Keke dirawat harum bunga melati.

 C.  Tokoh   :

1.      Keke

2.      Ayah Keke

3.      Sahabat-sahabat keke (Fadha,Maya,Shifa,Ida,Andhini)

4.      Andi

5.      Pak Iyus

D.   Penokohan   :

       1.  Keke (Gita sesa wenda cantika, Tokoh utama yang Berperan Sebagai “Aku”)

             Seorang remaja yang aktif,cerdas,dan percaya diri.Memiliki Keinginan dan cita-cita dirinya sendiri, walau hidupnya tidak akan lama Lagi.

Penjelasan:

semoga membantu_^

jdikan jawaban terbaik

~aharen

[answer.2.content]